Pengembangan Pendidikan Islam pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar dalam Kerangka Transformasi Sosial

Main Author: Marjuni, Marjuni
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/808/1/full.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/808/
Daftar Isi:
  • Disertasi ini berkenaan dengan studi pengembangan pendidikan Islam pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar dalam kerangka transformasi sosial, Pokok permasalahannya adalah bagaimana pengembangan pendidikan Islam pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar dalam kerangka transformasi sosial. yang meliputi sub masalah yaitu: pertama, bagaimana peran Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar dalam mengembangkan pendidikan Islam, kedua, bagaimana usaha yang ditempu dalam pengembangan pendidikan Islam di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar dalam kerangka transformasi sosial, dan ketiga, bagaimana respon Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar terhadap perubahan sosial. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan adalah, Fenomenologis, Sosiologi, dan eksplanatory. Sumber data penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer meliputi dosen, alumni, pegawai, dan mahasiswa sebagai informan sedangkan data sekunder meliputi dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Pengumpulan data mempergunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis/pengolahan data menggunakan 3 cara: (1) reduksi data, (2) display data, dan (3) verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar dalam pengembangan pendidikan Islam yaitu melakukan pembelajaran berbasis kontekstual, melakukan pembelajaran berbasis riset, dan penataan kurikulum berbasis kompetensi yang berorientasi pada pengembangan diri dan senantiasa berorientasi terhadap pembentukan intelektualitas dan moralitas peserta didik (mahasiswa) serta mendorong dosen untuk memiliki kualifikasi dan standar kompetensi tertentu yang peka terhadap perkembangan ipteks dan tantangan zaman. Usaha yang ditempuh dalam Pengembangan Pendidikan Islam pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar dalam Kerangka Transformasi Sosial yaitu untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik yang profesional dan dapat diaktualisasikan di masyarakat dan memiliki kepekaan sosial yang tinggi, mengembangkan serta memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, sosiologi, dan teknologi yang disertai dengan paradigma keagamaan yang matang. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar dalam mentransformasikan pendidikan Islam senantiasa melakukan pembentukan sumber daya manusia yang profesional maka yang dilakukan oleh pihak pengelola yaitu perubahan pola pikir antara lain: Pola lama, yang berorientasi masa silam ke orientasi masa depan, serta menerapkan pilar pendididikan yaitu Learning to know, learning to do, learning to be and learning to live together. Adapun respon Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar terhadap perubahan sosial yaitu membangun kecerdasan dan memperluas wawasan, membangun etos kerja dan menerapkan kurikulum tingkat satuan pembelajaran pasif ke kurikulum menuju pola pikir aktif-positif, serta senantiasa melakukan integrasi keilmuan. Implikasi penelitian ini adalah bahwa adanya pengembangan pendidikan Islam dalam kerangka transformasi sosial dapat ditinjau dari berbagai aspek, dapat dikembangkan berdasarkan perkembangan metodologis dunia pendidikan yang semakin variatif. Aspek pendahuluan pada tatap muka pertama sangat penting dilakukan untuk memancing bakat, minat, dan kecenderungan mahasiswa serta motivasinya demikian juga dengan tahap pengorganisasian inti pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Strategi pembelajaran tidak terlepas dari fasilitas kampus, kompetensi dosen, peserta didik dan organisasi kampus seperti pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar yang telah berhasil memadukan potensi tersebut menuju Fakultas yang unggul.