Efektivitas Penerapan Metode Mnemonik terhadap Hasil Belajar pada Materi Rangka Manusia Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Limbung Kabupaten Gowa

Main Author: Andini, Andini
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8063/1/ANDINI.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8063/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian yang diperoleh pada kedua kelompok tersebut melalui analisis statistik deskriptif yaitu, rata-rata hasil belajar yang diajar tanpa menggunakan metode mnemonik sebesar 77,81 yang artinya lebih rendah jika dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar yang diajar dengan menggunakan metode mnemonik yang mencapai 87,57. Hasil uji gain ternormalisasi menunjukkan bahwa nilai skor rata-rata N-Gain yang diperoleh pada kelas eksperimen sebesar 0,75 dengan kualitas peningkatan hasil belajar berada pada kategori tinggi, sedangkan nilai skor rata-rata N-Gain yang diperoleh kelas kontrol sebesar 0,61 dengan kualitas peningkatan hasil belajar berada pada kategori sedang. Sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan metode mnemonik efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada materi rangka manusia peserta didik kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Limbung