Representasi Kecantikan Perempuan dalam Iklan Veet Versi Julie’s Beauty Secret (Analisis Semiotika Roland Barthes di Televisi)
Main Author: | Suparjo, Ismail |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8021/1/Ismail%20Supardjo.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8021/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian ini adalah makna denotasi iklan Veet versi Julies beautysecret ini menggambarkan kisah perempuan yang berusaha tampil cantik untuk mendapatkan keinginannya. Secara konotasi iklan ini menanamkan konsep kecantikan perempuan kepada audiensnya. Selanjutnya terdapat mitos yang dihasilkan melalui makna tataran kedua. Dalam hal ini mitos yang timbul adalah konsep kecantikan perempuan, dimana perempuan dianggap cantik jika dirinya memiliki tubuh yang tinggi, langsing dan memiliki kulit mulus. Bentuk-bentuk representasi yang terdapat pada Iklan Veet versi Julie’s beauty secret adalah 1) Kecantikan perempuan selalu digambarkan dengan warna putih dan pink. 2) Kecantikan perempuan dinilai dari fisiknya (outer beauty). 3) Kecantikanperempuan dibentuk dari kaum kapitalis. Implikasi pada penelitian iklan Veet ini adalah bila kebanyakan iklan menerjemahkan kecantikan perempuan sebatas fisik,alangkah lebih bijak bila pengiklan menggabungkan kualitas dari seseorang atau objek, sehingga inner beauty, atau kecantikan yang dapat dinilai dari kepribadian juga dapat menjadi pertimbangan.