Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing (Discovery Learning) pada Pokok Bahasan Bangun Datar (Segiempat dan Segitiga) Kelas VII SMP Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa

Main Author: Hasriani, Hasriani
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7946/1/HASRIANI.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7946/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, diperoleh bahwa (1) Hasil validasi perangkat pembelajaran yaitu RPP, Buku Siswa, dan LKPD adalah 3,6 berada pada kategori sangat valid karena setiap aspek untuk setiap jenis perangkat pembelajaran berada pada interval ,45,3  x (2) Praktis berdasarkan hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran dengan nilai rata-rata 1,88 berada pada kategori terlaksana seluruhnya ,25,1  x (3) Efektif berdasarkan pengelolaan pembelajaran diperoleh rata-rata 3,41 berada pada kategori baik , aktivitas peserta didik dalam kategori sangat baik yakni 82,76%, respons peserta didik diperoleh 85,45% respon positif terhadap Buku Siswa dan 87,27% respons positif terhadap LKPD, dan tes hasil belajar diperoleh 82,76% peserta didik yang nilainya tuntas. Dapat disimpulkan bahwa pada tahap uji coba yang dilaksanakan, perangkat pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing (discovery learning) pada pokok bahasan bangun datar (segiempat dan segitiga) telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.