Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square dengan Tipe Scramble terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas XI IPA SMA Negeri 16 Bulukumba

Main Authors: Ariskan, Nelly, Maulana, Andi, Ismail, Wahyuni
Format: Article PeerReviewed
Terbitan: Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7903/
http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/4290
Daftar Isi:
  • Mengikut hasil analisis statistik deskriptif maka diperoleh nilai rata-rata yaitu kelompok eksperimen1 yang diajar dengan model pembelajaran Word Square sebesar 76,8. Pada kelompok kelas eksperimen2 yang diajar menggunakan model pembelajaran Scramble sebesar 69,45. Manakala berdasarkan hasil analisis inferensial menggunakan uji-t diperoleh nilai sign sebesar 0,039 yang lebih kecil dari pada α sebesar 0,05 (sign<α). Jadi dapat dikatakan bahwa H0 ditolak. Oleh itu terdapat perbedaan signifikan hasil belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran Word Square dengan Scramble terhadap hasil belajar biologi peserta didik dikelas XI IPA SMA Negeri 16 Bulukumba.