Pengaruh Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Tematik Selalu Berhemat Energi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Siswa Kelas IV MI Siompu Kabupaten Buton Selatan Sulawesi Tenggara

Main Author: Alisman, Alisman
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7874/1/Alisman.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7874/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian dilihat dari data dan pembahasan diketahui bahwa melalui metode demonstrasi dalam pembelajaran tematik selalu berhemat energi, terjadi perubahan hasil belajar siswa. Berdasarkan Hasil analisis kategori Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Tematik menunjukkan bahwa sebanyak 3 siswa berada pada kategori rendah dengan porsentase sebesar 16%, selanjutnya sebanyak 14 siswa berada pada kategori sedang dengan porsentase sebesar 74% dan 2 siswa berada pada kategori tinggi dengan porsentase sebesar 10%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Tematik Selalu Berhemat Energi di Kelas IV MI Siompu Kabupaten Buton Selatan Sulawesi Tenggara berada pada kategori sedang. Hasil analisis kategori Hasil Belajar Peserta Didik menunjukkan bahwa sebanyak 4 siswa berada pada kategori rendah dengan porsentase sebesar 21%, selanjutnya sebanyak 12 siswa berada pada kategori sedang dengan porsentase sebesar 63% dan 3 siswa berada pada kategori tinggi dengan porsentase sebesar 16%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Tematik Selalu Berhemat Energi di Kelas IV MI Siompu Kabupaten Buton Selatan Sulawesi Tenggara berada pada kategori sedang. Berdasarkan uji t menunjutkan bahwa nilai t : diketahui nilai t hitung sebesar 3,697 > t tsbel 1,729 , sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X berpengaruh terhadap variabel Y.