Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Numerik Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Baraka

Main Author: Tasril, Tasril
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7830/1/TASRIL_pdf.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7830/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik dan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Baraka (Fhitung= 39,215> F= 4,08), (2) terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan m atematika realistik dengan kemampuan numerik terhadap hasil belajar matematika (Fhitung= 4,730> Ftabel tabel = 4,07), (3) terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan numerik tinggi yang mengikuti pendekatan matematika realistik dan pembelajaran konvensioanl siswa kelas VII SMP Negeri 1 Baraka (MD = 7,09;p<0,05), (4) terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan numerik rendah yang mengikuti pendekatan matematika realistik dan pembelajaran konvensional siswa kelas VII SMP Negeri 1 Baraka (MD = 14,64;p<0,05).