Persepsi Pemustaka terhadap Kualitas Pelayanan Referensi di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Selatan
Main Author: | Satriani, Satriani |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7822/1/SATRIANI.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7822/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan referensi di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Selatan dan untuk mengetahui persepsi pemustaka terhadap kualitas pelayanan referensi di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara. Di samping itu penelusuran melalui berbagai dokumen atau bahan pustaka yang erat kaitannya dengan masalah yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan referensi di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Selatan dianggap kurang memuaskan. Kurang memuaskan artinya kebutuhan pemustaka Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Selatan akan informasi tidak terpenuhi dengan koleksi bahan referensi yang ada di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Selatan terbatas atau jumlah koleksinya belum lengkap. Sikap kurang ramah dari petugas serta sikap tidak membantu petugas referensi dalam melayani pemustaka referensi mengakibatkan pelayanan yang diberikan kurang maksimal atau tidak berkualitas.