Peningkatan Hasil Belajar Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dengan Strategi Assurance, Relevance, Interest, Assesment, dan Satisfaction (ARIAS) Mata Pelajaran Biologi Peserta Didik Pada Kelas XI IPA SMA Negri 1 Bajeng Barat
Main Author: | Andini, Andini |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7764/1/ANDINI.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7764/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada penelitian ini, maka diperoleh beberapa kesimpulanya itu hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Bajeng Barat sebelum diajar melalui kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe (TPS) dengan strategi (ARIAS) diperoleh skor sebelum diberi perlakuan (pretest) masih tergolong rendah dimana skor tertinggi 65 danskorterendah 35. Dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Bajeng Barat setelah diajar melalui kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe(TPS) dengan strategi (ARIAS) diperoleh skorsetelahdiberiperlakuan (posttest) mengalami peningkatan dimana skor tertinggi yang diperolehadalah 95 dan skor terendah 65. Pembelajaran melalui kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe (TPS) dengan strategi (ARIAS) dapat dikategorikan berpengaruh atau efektif dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA3 SMA Negri 1 bajeng Barat. Hal ini terlihat dari nilai sig.hitung lebih kecil dari pada t tabel (sig.hitung<t tabel) yaitu: (0,000<2,042).