Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pokok Bahasan Barisan dan Deret Kelas XI MAN 1 Makassar

Main Author: Takwa, Takwa
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7747/1/Takwa.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7747/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, diperoleh bahwa (1) hasil validasi bahan ajar adalah 4,79 berada pada kategori sangat valid dengan interval 4,3 ≤ M ≤ 5 (2) angket respon guru dan angket respon siswa yang merupakan komponen kepraktisan diperoleh hasil yang positif yaitu respon guru dengan kategori sangat positif karena berada pada interval 85% ≤ RS ≤ 100 dan respon siswa berada pada kategori positif dengan interval 70% ≤ RS < 85% dengan demikian bahan ajar memenuhi kriteria praktis, (3) dari ketiga komponen keefektifan yaitu kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa dan tes pemahaman konsep diperoleh hasil kemampuan guru mengelola pembelajaran berada pada kategori sangat baik yaitu pada interval 4,50 ≤ TKG < 5,00, hasil analisis aktivitas siswa berada pada interval 60% ≤ P < 80% dengan kategori baik, kemudian hasil analisis tes pemahaman konsep berada pada kategori tinggi dengan interval 61%-80,99% dan telah memenuhi ketuntasan klasikal yakni 85,18% siswa tuntas secara klasikal, dengan demikian bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan.