Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV MIS Borong Pa’la’la’ Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa
Main Author: | Mulghalib, Imam |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2107
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7553/1/Imam%20Mulghalib%2CS.Pd.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7553/ |
Daftar Isi:
- Hasil pengolahan dan analisis data diperoleh kesimpulan, bahwa; 1) penggunaan model mata pelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dengan skor rerata 3.07 dari nilai ideal 4, dan persentase 76,8% dari nilai yang diperkirakan 78% yang berarti penggunaan model mata pelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share pada mata pelajaran IPA kelas IV berkategori lebih kecil dari nilai yang diperkirakan pada populasi. 2) hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA dengan skor rerata 2.97 dari nilai ideal 4, dan persentase 74,26% dari nilai yang diperkirakan 78% yang berarti hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPA di MIS Borong Pa’la’la’ adalah lebih kecil dari nilai yang diperkirakan pada populasi. 3) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA dikelas IV MIS Borong Pa’la’la’ dengan analisis regresi Ý = 82.945 + -0,11301 (84.24) = 70 yang berarti bahwa agar hasil belajar peserta didik meningkat maka nilai rata-rata penggunaan model mata pelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share harus dinaikkan sebesar 85 : 70 = 1.21.