Pengembangan Instrumen Tes Hasil Belajar Kognitif Mata Pelajaran Fisika Pada pokok Bahasan Dinamika Gerak Semester I Kelas X SMA Negeri Khusus Jeneponto
Main Author: | Nengsih, Fitria |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7539/1/Fitria%20Nengsih.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7539/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan uji coba kevalidan instrument tes hasil belajar yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid dengan nilai rata-rata semua aspek penilaian 3,93. Sedangkan penilaian untuk hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata 86, jumlah siswa yang tuntas dalam proses uji coba adalah 16 orang atau sekitar 80% dan yang tidak tuntas sebanyak 4 orang atau sekitar 20%. Hal ini menandakan bahwa instrumen yang dikembangkan sudah valid dan efektif untuk digunakan dalam tes hasil belajar. Respon siswa lebih dari 80% yang memberikan respon positif terhadap instrumen yang dikembangkan serta setuju jika guru di sekolah menggunakan instrumen yang di kembangkan sebagai tes hasil belajar dalam ulangan. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa instrumen yang dikembangkan memenuhi kategori valid dan efektif.