Pengaruh Penggunaan Pendekatan Eksploratory Discovery terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV MI As’adiyah Putera No. 1 Belawa Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo

Main Author: Aprilyani, Nurul
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7530/1/Nurul%20Aprilyani.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7530/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan pendekatan eksploratory discovery terhadap hasil belajar IPA peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata peserta didik sebelum penggunaan pendekatan eksploratory discovery sebesar 79,02 dan nilai rata-rata setelah penggunaan pendekatan eksploratory discovery sebesar 85,2. Adapun hasil analisis statistik inferensial hasil perhitungan SPSS 23 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan eksploratory discovery terhadap hasil belajar IPA peserta didik. Hal ini ditunjukkan nilai sign. <a= 0,05 (0,024 < 0,05) dalam artian H0 ditolak dan H1 diterima, dengan tingkat kepercayaan 95 % dikatakan bahwa rata-rata nilai hasil belajar IPA peserta didik sebelum penggunaan pendekatan eksploratory discovery tidak sama dengan nilai rata-rata hasil belajar IPA peserta didik setelah penggunaan pendekatan eksploratory discovery.