Hubungan Keterampilan Mengajar Guru dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Inpres Bontomanai Kecamatan Tamalate Kota Makassar
Main Author: | Hajrah, Hajrah |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7475/1/SKRIPSI%20Hajrah.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7475/ |
Daftar Isi:
- Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu keterampilan mengajar guru(X)dan hasil belajar peserta didik (Y).Pada penelitian ini yang dijadikan populasi adalah seluruh peserta didikdi SD Inpres Bontomanai Kecamatan Tamalate Kota Makassar yang terdiri dari 12 kelas (IA,IB,IIA,IIB,IIIA,IIIB,IVA,IV,VI) yang berjumlah 313 orang dan sampel yang digunakan adalah sampel secaraacak bertingkat (Stratified Random Sampling) dengan jumlah 147 orang (kelas:IVBA,IVB, VA, VB, VIA,VI) diambil 25% yaitu sebanyak 37 orang, instrumenyang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket tentang keterampilan mengajar guru dan pengumpulan data melalui dokumentasi tentang hasil belajar peserta didik yang diperoleh dari buku nilai guru pendidikan agama Islam. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis dekskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase untuk menjawab rumusan masalah pertama dan kedua, kemudian teknik analisis inferensial menggunakan rumus korelasi product moment untuk mencari hubungan antara variabel (X) dan (Y).B Melalui metode analisis data maka hasil penelitian ini menunjukkanbahwa terdapat hubungan antaraketerampilan mengajar guru dengan hasil belajarpeserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SD BontomaaiKecamatan Tamalate Kota Makassardimana r hitung = 0,994> rtabel B, VA, V= 0,334.B, VIA