Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction melalui Penggunaan Alat Peraga (Venturimeter) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 9 Makassar

Main Author: Yunus A.W, Maesar Muh.
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6820/1/MAESAR%20MUH.%20YUNUS%20A.W.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6820/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian dengan analisis deskriptif diperoleh bahwa keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 9 Makassar berdasarkan observasi mencapai nilai rata-rata 84,26 dan berdasarkan tes keterampilan proses sains mencapai nilai rata-rata 82,83, sedangkan hasil analisis inferensial untuk keterampilan proses sains yang menunjukkan bahwa t hitung yang diperoleh sebesar 8,6785 dan t tabel sebesar 2,042 sehingga t hitung > t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 9 Makassar setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction melalui penggunaan alat peraga (venturimeter berada pada kategori baik karena telah mencapai dan melebihi standar KKM yang telah ditentukan yakni 75, hal ini menunjukkan bahwa H0 pada penelitian ini diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran direct instruction melalui penggunaan alat peraga (venturimeter) sangat baik digunakan terhadap keterampilan proses sains.