Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik di SMP Darud Da’wah Wal-Irsyad (DDI) Polewali Kabupaten Polewali Mandar

Main Author: Laupa, H.
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6764/1/H%20Laupa_opt.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6764/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian ini diperoleh: 1) penggunaan media pembelajaran pendidikan agama Islam dapat dikategorikan baik dengan persentase 71,11% respon positif 21,67% respons sedang dan 7,22% respons negatif. 2) Hasil belajar peserta didik pada mata pendidikan agama Islam juga dikategorikan tuntas, yakni dengan nilai rata-rata 79,61; dan 3) pengaruh media pembelajaran tehadap hasil belajar peserta didik diketahui dari uji hipotesis dengan nilai korelasi r = 0,936 yang berarti terdapat hubungan yang sangat kuat antara variabel X dengan variabel Y, demikian pula nilai signifikansi yakni 1% = 2,878 dan 5% = 2,101 yang berarti variabel X dan Y cukup signifikan. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran sangat efektif dalam mempengaruhi hasil belajar peserta didik di SMP DDI Polewali.