Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan Koneksi Matematis Mata Pelajaran Matematika di SMPN 17 Makassar

Main Author: Batari, Tenri
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6737/1/TENRI%20BATARI.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6737/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses pengembangan instrumen tes untuk mengukur kemampuan koneksi matematis matematika SMP melalui 4 tahapan, yaitu (a) tahap preliminary, (b) tahap self-evaluation, (c) tahap prototyping, (d) tahap field test; (2) Hasil yang diperoleh pada uji validitas isi soal dinyatakan valid karena nilai CVR dan CVI yaitu 1 dengan kategori sangat sesuai. Hasil respon peserta didik memenuhi kriteria tercapai. Reliabilitas instrumen tes dinyatakan reliabel, dimana nilai reliabilitas yaitu 0,75 dengan interpretasi tinggi. Sedangkan dari segi tingkat kesukaran rata-rata skor total yaitu 0,542 dengan kategori sedang. Dari segi daya pembeda rata-rata skor total yaitu 0,45 dengan kategori baik. Selain itu, hasil analisis kemampuan koneksi matematis menggunakan instrumen yang telah dikembangkan diketahui bahwa dari 34 peserta didik terdapat 3 peserta didik (8,82%) yang termasuk dalam kategori memiki tingkat kemampuan koneksi matematis sangat baik, 17 peserta didik (50%) yang termasuk kategori baik, 11 peserta didik (32,35%) termasuk kategori cukup, dan 3 peserta didik (8,82%) termasuk kategori kurang. Rata-rata kemampuan koneksi matematis peserta didik adalah 52,49 dengan kategori baik.