Penerapan Metode Team Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Muhammadiyah Cabang Palleko Kec. Polut Kabupaten Takalar

Main Author: Syahrianti, Syahrianti
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6597/1/SYAHRIANTI.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6597/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan metode pembelajaran team game tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa khususnya pada materi perilaku terpuji siswa kelas VIII MTs. Muhammadiyah Cabang Palleko Kecamatan Polut Kabupaten Takalar terlihat pada komponen/indikator kehadiran pada siklus I mencapai hasil siswa tidak rajin 16% dan siswa rajin 84% sedangkan pada siklus II mencapai hasil siswa tidak rajin 4% dan siswa rajin 96% ini berarti terjadi peningkatan keaktifan belajar sebesar 12%, komponen keaktifan bertanya padasiklus I mencapai hasil siswa tidak aktif 64% dan siswa aktif 36% sementara pada siklus II mencapai hasil siswa tidak aktif 28% dan siswa aktif 72% berarti terjadi perkembangan sebesar 36%, komponen keaktifan menjawab pertanyaan pada siklus I mencapai hasil siswa tidak aktif 57% dan siswa aktif 43%, sementara pada siklus II mencapai siswa tidak aktif 28% dan siswa aktif 72% berarti terjadi perkembangan sebesar 39% dan keaktifan menanggapi jawaban/mengemukakan pendapat padasiklus I mencapai hasil siswa tidak aktif 48% dan siswa aktif 52% sementara padasiklus II mencapai hasil siswa tidak aktif 24% dan siswa aktif 76% berarti terjadi perkembangan sebesar 16% serta keaktifan dalam hal kerjasama dengan team pada siklus I mencapai hasil siswa tidak aktif 32% dan siswa aktif 68% sementara pada siklus II mencapai hasil siswa tidak aktif 12% dan siswa aktif 88% berarti terjadi perkembangan sebesar 20% (2)Metode pembelajaran team game tournament (TGT) relevan dengan tindakan, (3) Dengan metode team game tournament (TGT) pembelajaran aqidah akhlak lebih aktif dan menyenangkan.