Efektivitas Penerapan Metode Hypnoteaching terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Alla Kabupaten Enrekang
Main Author: | Hadijah, Hadijah |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6487/1/Syuwandi.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6487/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil analisis data deskriptif diperoleh rata-rata nilai keduake lompok tersebut, yaitu kelas kontrol pretest sebesar 36,82 dan posttest sebesar 70,97 berada pada kategori tinggi, sedangkan pada kelas eksprimen sebelum perlakuan sebesar 36,12 dan setelah perlakuan sebesar 82,44 berada pada kategori sangat tinggi. Sedangkan berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai thitung = 6,30lebih besar dari ttabel sebesar 1,67 (thitung > ttabel) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar mata pelajaran matematika antarakelas yang diajar dengan menerapkan metode hypnoteaching dengan kelas yang diajar tanpa menerapkan metode hypnoteaching pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Alla. Metode hypnoteaching efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Alla yang berdasarkan pada hasil analisis inferensial dengan menggunakan rumus efisiensi relative diperoleh nilai R < 1 ( 0,83 < 1).