Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Fisika ditinjau dari Metakognisi Peserta Didik Kelas XIIPA Siswa SMAN 9 Pinrang
Main Author: | Rahayu, Rahayu |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6317/1/Rahayu.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6317/ |
Daftar Isi:
- Hasil analisis data dapat diperoleh sebaran skor Motivasi belajar siswa kelas eksperimen berdasarkan kategori distribusi frekuensi. Pada kategori sedang dengan presentase 6,45 %, dan pada kategori sangat tinggi dengan persentase 87,09,. Dan dapat diperoleh sebaran skor Motivasi belajar siswa kelas kontrol berdasarkan kategori distribusi frekuensi. Pada kategori sedang dengan persentase 20% dan Pada kategori sangat tinggi dengan presentase sebesar 80% dari jumlah siswa. Berdasarkan hal tersebut sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat interaksi antara metodepembelajaran (Problem based learning dan konvensional) dan metakognisi (tinggi dan rendah) dalam pencapaian Motivasi belajar siswa kelas XI IPA SMAN 9 Pinrang. Implikasi dari penelitian ini adalah Model pembelajaran problem based learning sebaiknya digunakan oleh guru bidang studi fisika di sekolah yang bersangkutan, agar siswa tidak jenuh dengan model pembelajaran yang monoton namun harus disesuaikan dengan materi pembelajaran yang akan dibawakan.