Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan dan Simulasi Permainan Tradisional Nusantara Berbasis Android

Main Author: Megawati, Megawati
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/626/1/SKRIPSI%20MEGAWATI%20-%20TEKNIK%20INFORMATIKA.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/626/
Daftar Isi:
  • Permainan tradisional adalah salah satu kebudayaan milik Indonesia yang harus dilestarikan, sebab permainan tradisional merupakan produk kebudayaan etnis Indonesia yang memiliki manfaat, kandungan dan makna filosofis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media informasi yang membahas permainan tradisional dan sulitnya memperoleh informasi tersebut secara lengkap, cepat dan mudah. Berdasarkan latar belakang tersebut maka dibutuhkan suatu aplikasi sebagai media informasi yang memperkenalkan tentang permainan tradisional. Tujuan dalam penelitian ini adalah merancang dan membangun aplikasi pengenalan dan simulasi permainan tradisional nusantara berbasis Android untuk memudahkan pengguna dalam memperoleh informasi seputar permainan tradisional secara lengkap, cepat dan mudah. Pendekatan atau metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana strategi yang digunakan adalah Design and Creation. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data observasi dan studi pustaka. yaitu dengan mencari referensi dari buku dan juga dari internet yang berhubungan dengan objek yang diteliti. Metode perancangan yang digunakan adalah waterfall, pemodelannya menggunakan UML, flowchart, dan perancangan antarmuka sedangkan teknik pengujian yang digunakan adalah White Box, Black Box dan kuesioner. Berdasarkan hasil ujicoba menunjukkan bahwa aplikasi ini membantu pengguna dalam memperoleh informasi seputar permainan tradisional secara lengkap, cepat dan mudah dengan menggunakan smartphone berbasis Android. Kesimpulan dari hasil uji coba adalah tujuan penelitian telah berhasil dicapai.