Pengaruh Kompetensi Kepribadian dan Profesional Guru terhadap Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Binamu Kabupaten Jeneponto

Main Author: Sunarti, Sunarti
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6241/1/SUNARTI_20700112044.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6241/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk persepsi peserta didik tentang kompetensi kepribadian guru diperoleh nilai rata-rata 60,42 dengan nilai tertinggi 69 dan nilai terendah 51 berada pada kategori sedang. Untuk kompetensi profesional guru diperoleh nilai rata-rata 35,29 dengan nilai tertinggi 47 dan nilai terendah 28 berada pada kategori sedang. Untuk motivasi belajar matematika diperoleh nilai rata-rata 45,35 dengan nilai tertinggi 62 dan nilai terendah 35 berada pada kategori sedang. Adapun hasil analisis statistik inferensial diperoleh F hitung =222,435; dan F tabel = 3,20. Dalam hal ini F hitung ditolak. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kompetensi kepribadian dan profesional guru terhadap motivasi belajar matematika peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Binamu Kabupaten Jeneponto. Dimana kompetensi profesional lebih berpengaruh dibanding kompetensi kepribadian. Berdasarkan uji koefisien korelasi, diperoleh besarnya koefisien korelasi sebesar 0,953. Sedangkan koefisien determinasinya sebesar 90,4%. Artinya besarnya pengaruh kepribadian dan profesional guru dengan motivasi belajar matematika peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Binamu Kabupaten Jeneponto adalah 90,4%.