Pengaruh Kompetensi Kepribadian dan Profesional Guru terhadap Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Binamu Kabupaten Jeneponto
Main Author: | Sunarti, Sunarti |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6241/1/SUNARTI_20700112044.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6241/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk persepsi peserta didik tentang kompetensi kepribadian guru diperoleh nilai rata-rata 60,42 dengan nilai tertinggi 69 dan nilai terendah 51 berada pada kategori sedang. Untuk kompetensi profesional guru diperoleh nilai rata-rata 35,29 dengan nilai tertinggi 47 dan nilai terendah 28 berada pada kategori sedang. Untuk motivasi belajar matematika diperoleh nilai rata-rata 45,35 dengan nilai tertinggi 62 dan nilai terendah 35 berada pada kategori sedang. Adapun hasil analisis statistik inferensial diperoleh F hitung =222,435; dan F tabel = 3,20. Dalam hal ini F hitung ditolak. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kompetensi kepribadian dan profesional guru terhadap motivasi belajar matematika peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Binamu Kabupaten Jeneponto. Dimana kompetensi profesional lebih berpengaruh dibanding kompetensi kepribadian. Berdasarkan uji koefisien korelasi, diperoleh besarnya koefisien korelasi sebesar 0,953. Sedangkan koefisien determinasinya sebesar 90,4%. Artinya besarnya pengaruh kepribadian dan profesional guru dengan motivasi belajar matematika peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Binamu Kabupaten Jeneponto adalah 90,4%.