Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Treffinger dengan Model Konvensional (Ceramah) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Labakkang pada Materi Sistem Pernapasan Manusia

Main Author: Hardianty, Hardianty
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6218/1/HARDIANTY.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6218/
Daftar Isi:
  • Data yang telah dikumpulkan dapat ditentukan bahwa data skor setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Treffinger pada kelas eksperimen berada pada kategori tinggi dengan jumlah rata-rata 78,8 sedangkan model pembelajaran konvensional (ceramah) pada kelas kontrol berada pada kategori rendah dengan jumlah rata-rata 60. Dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Treffinger dengan hasil belajar siswa yang menggunakan modelkonvensional (ceramah),disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Treffinger dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model konvensional (ceramah) dengan taraf signifikan α = 0,05.