Diagnosis Tingkat Kesulitan Belajar Siswa Terhadap Pokok Bahasan Metabolisme Siswa Kelas XII IPA MA. Syekh Yusuf Kabupaten Gowa

Main Author: Wahyuni, Wahyuni
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6041/1/Wahyuni.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6041/
Daftar Isi:
  • Dari data yang diperoleh untuk tingkat kesulitan belajar siswa dapat diketahui bahwa terdapat 44 orang siswa yang berada pada kategori “rendah” dengan persentase 57,8%, 16 orang berada pada kategori “sedang” dengan persentase sebesar 21,1%, 16 orang yang berada pada kategori “tinggi” dengan persentase sebesar 21,1%. Berdasaran analisis tes pilihan ganda siswa mengalami kesulitan belajar pada sub pokok bahasan enzim, respirasi dan fotosintesis. Hal-hal yang disarankan dalam mengatasi kesulitan belajar pada pokok bahasan metabolisme adalah menyusun program pembelajarn dengan memperhatikan sifat materi. Memberikan penjelasan yang lebih terhadap materi yang dianggap sulit seperti Enzim, respirasi dan fotosintesis. Memperkuat penjelasan terhadap proses, jalur, siklus dan reaksireaksi dalam metabolisme sebaiknya menggunkan media yang menarik seperti media karton, powerpoint, dan macromedia flash. melengakapi fasilitas belajar untuk siswa seperti buku paket dan laboratorium. Untuk mencegah kesulitan belajar pada pokok bahasan metabolisme dapat digunakan multi model dan multimedia untuk meningkatkan motivasi belajar.