Persepsi Peserta Didik tentang Keterampilan Dasar Mengajar Guru Bidang Studi al-Qur'an Hadis pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Ambon
Main Author: | Khozin, Nur |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6020/1/NUR%20KHOZIN_opt.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6020/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bidang studi al-Qur’an Hadis pada MA Negeri 1 Ambon dalam pandangan peserta didik adalah telah melakukan kegiatan belajar dengan metode belajar bersama, hafalan, mengimla, belajar mandiri, ceramah, dan belajar terbimbing. Dalam kegiatan terprogram diketahui bahwa kegiatan yang harus diikuti oleh peserta didik adalah tadarus sebelum memulai proses pembelajaran, kegiatan belajar kelompok, shalat jum’at di madrasah, dan pesantren kilat di bulan ramadhan. Pandangan peserta didik tentang keterampilan dasar mengajar guru adalah sebagai berikut: bahwa pada umumnya para guru telah melaksanakan berbagai keterampilan dasar dalam pembelajaran walaupun masih terdapat kekurangan dalam keterampilan tertentu yang perlu ditingkatkan seperti keterampilan memberikan penguatan, mengadakan variasi, membimbing diskusi dan mengajar perorangan. Hasil pengamatan peserta didik dengan menggunakan pedoman observasi, apabila dilihat dari nilai rata-rata, maka didapatkan nilai 62,49%, artinya keterampilan dasar mengajar guru bidang studi al-Qur'an Hadis MA Negeri 1 Ambon masuk dalam kategori Memenuhi Standar.