Peranan Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pemberdayaan Guru di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Tolitoli

Main Author: Adamah, Adamah
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5945/1/Adamah.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5945/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran kepala madrasah sebagai leader,manajer supervisor dalam memberdayakan guru adalah memberikan motivasi,mendukung dan mengembangkan sumber daya tenaga kependidikan denganmelibatkan kesempatan untuk mengembangkan profesionalisme dalam menjalankan tugasanya. Gaya kepemimpinan kepala madrasah adalah demokratis. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam pemberdayaan guru yaitu: a) pemberian informasi yang akurat kepada guru melalui sharing; b) pemberian otonomi guru denganmemberikan kepercayaan penuh dalam menjalankan tugasnya dan mengevaluasiotonomi tersebut; c) membentuk tim mandiri guru yaitu mengintensifkan MGMP yang ditunjang dengan pelatihan-pelatihan internal dan eksternal.Serta memberikan kesempatan kepada guru untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.Faktor-faktor pendukung dalam pemberdayaan guru adalah secara internal yaitu budaya disiplin yang diterapkan, keteladanan pimpinan, dukungan dan kerjasamayang baik antar pimpinan dengan staf pimpinan dan kepala urusan, semangat gurudan tenaga muda dalam menjalankan tugas dan otonomi yang dimiliki madrasah dalam mengelolah dan membuat keputusan. Faktor pendukung eksternal adalah kerjasama pihak luar dan masyarakat sekitar dengan madrasah secara baik.