Konsep Pendidikan Islam dalam Pembinaan Moral Peserta Didik pada SMA Negeri I Tompobulu
Main Author: | B., Ismail |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5822/1/Ismail%20B..pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5822/ |
Daftar Isi:
- Melalui pelaksanaan konsep pendidikan Islam dengan membuat program harian, program mingguan, program bulanan dan program tahunan yang disingkronisasikan berbagai macam metode pembelajaran yaitu keteladanan, pembiasaan, ceramah, tanya jawab, demonstrasi, kerja kelompok dan resitasi/pemberian tugas. Berbagai upaya yang dilakukan kaitannya pembinaan moral meliputi: Memberikan pemahaman untuk meneladani akhlak Nabi Muhammad saw., menanamkan etika pergaulan dalam lingkungan keluarga, menanamkan etika pergaulan dalam lingkungan masyarakat, menanamkan etika pergaulan dalam lingkungan sekolah, menanamkan sikap kejujuran, menanamkan sikap kesopanan dan sikap keteladanan. Setelah melakukan analisis terhadap data yang diperoleh maka hasilnya menunjukkan adanya peningkatan pembinaan moral, yang meliputi sikap kesopanan, kejujuran dan kedisiplinan.