Strategi Komunikasi dakam Membina Akhlak pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Abrar di Kecamatan Tamalate Kota Makassar

Main Author: Fitriyani, Fitriyani
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5813/1/Fitriyani.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5813/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa langkah-langkah yang ditempuh kepala madrasah dan guru wali kelas IV dalam membina akhlak pada siswa MI Al-Abrar di Kecamatan Tamalate Kota Makassar adalah dengan menggunakan strategi komunikasi interpersonal (antarpribadi) baik itu dalam bentuk verbal (komunikasi dengan cara tertulis dan lisan) atau non verbal (komunikasi menggunakan simbol-simbol, bahasa tubuh, ekspresi wajah dan sebagainya). Adapun metode komunikasi yang digunakan yaitu metode dialog/diskusi, metode teladan/contoh, metode nasehat, metode pembiasaan, dan metode pendekatan/perhatian yang di mana metode tersebut merupakan strategi komunikasi yang sangat tepat untuk digunakan dalam proses belajar mengajar dan sangat berperan penting dalam membentuk, membina dan mengarahkan siswa sehingga mampu menjadi siswa berakhlak mulia, baik dalam lingkungan sekolah maupun dilingkungan sehari-hari. Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan bagi pihak sekolah untuk lebih memperhatikan siswa karena merekalah generasi pelanjut bangsa dan juga diharapkan kepada siswa untuk lebih menghormati guru, mengikuti setiap kegiatan keagamaan yang diadakan oleh pihak sekolah, disiplin dalam menaati peraturan sekolah, serta kepada kepala Madrasah dan guru-guru agar lebih tekun dan aktif dalam membina akhlak siswa serta lebih bersabar dan lemah lembut dalam membina sehingga dapat menghasilkan siswa yang kreatif dan berakhlak mulia.