Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah As’adiyah No. 1 Putri Belawa Kec. Belawa Kab. Wajo
Main Author: | Warda, Warda |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/580/1/PENGARUH%20TINGKAT%20PENDIDIKAN%20ORANG%20TUA%20TERHADAP%20MOTIVASI%20BELAJAR%20SISWA%20MADRASAH%20IBTIDAIYAH%20%20AS%20ADI.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/580/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang motivasi belajar siswa melalui tingkat pendidikan orang tua Madrasah Ibtidaiyah As’adiyah No. 1 Putri Belawa Kec. Belawa Kab. Wajo. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimana tingkat pendidikan orang tua siswa Madrasah Ibtidaiyah As’adiyah No. 1 Putri Belawa Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo, 2) Bagaimana motivasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah As’adiyah No. 1 Putri Belawa Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo, dan 3) Apakah ada pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah As’adiyah No. 1 Putri Belawa Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo. Adapun tujuan penelitian dari skripsi ini 1) Untuk mengetahui tingkat pendidikan orang tua siswa Madrasah Ibtidaiyah As’diyah No. 1 Putri Belawa Kec. Belawa Kab. Wajo. 2) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah As’adiyah No. 1 Putri Belawa Kec. Belawa Kab. Wajo. 3) Untuk mengetahui tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah As’adiyah No. 1 Putri Belawa Kec. Belawa Kab. Wajo. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah As’adiyah No. 1 Putri Belawa Kec. Belawa Kab. Wajo dengan populasi sebanyak 114 orang. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Probability Sampling. Probability dengan menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Jumlah sampel tersebut 57 orang atau 50 % dari populasi. Adapun metode pengumpulan data penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket yang ditujukan kepada orang tua dan siswa, serta dokumentasi yang bersumber dari arsip sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan teknik analisis deskriptif menunjukkkan bahwa 1) tingkat pendidikan orang tua yang berkaitan dengan tanggung jawab pendidikan anak berada di kategori sedang sebesar 59,65 % dan pada umumnya tingkat pendidikan orang tua memperoleh 31,57 % yaitu tamat SD, 2) motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang sebesar 63,16 %. 3) Berdasarkan teknik analisis inferensial didapatkan hasil dimana t hitung 24 > t 2,00 untuk taraf signifikan 5 %, menunjukkan bahwa tingkat pendidikan orang tua memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah As’adiyah No. 1 Putri Belawa Kec. Belawa Kab. Wajo. tabel