Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Belajar Mandiri pada Materi Anjuran Bertoleransi Siswa Kelas XII IPA 1 di SMA YAPIP Sungguminasa Kabupaten Gowa

Main Author: Sangaji, Marni
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5698/1/marni%20sangaji.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5698/
Daftar Isi:
  • Hasil analisis data tes hasil belajar menunjukkan bahwa tingkat kemampuan kelas XII IPA 1 SMA YAPIP Sungguminasa Kabupaten Gowa yang belajar sebelum menerapkan metode belajar mandiri dikategorikan sangat rendah presentase 22 % dan rata-rata skor hasil belajarnya 46,64. Hasil belajar setelah diterapkan metode belajar mandiri dikategorikan tinggi sebesar 56,25% dan rata-rata skor hasil belajarnya 79,68. Statistik inferensial dianalisis dengan menggunakan uji-t. Setelah analisis data diperoleh terhitung : 28,00 dan tabel untuk taraf a = 5% dengan db = 31 yakni 1,697. Karena thitung  t tabel maka H1 diterima, artinya metode belajar mandiri dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas XII IPA 1 SMA YAPIP Sungguminasa Kabupaten Gowa.