Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga pada Materi Sistem Saraf di Kelas XI MA Madani Alauddin Paopao
Main Author: | Salam, Nurfadillah |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5613/1/Nurfadillah%20Salam.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5613/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil penilaian validator ahli, tingkat kevalidan media pembelajaran permainan ular tangga berada pada kategori sangat valid dengan nilai rata-rata 3,60 (x ≤ 3,4). Berdasarkan hasil penilaian respon guru dan respon siswa tingkat kepraktisan media pembelajaran berada pada kategori tinggi dengan rata-rata nilai total 4,11 (3,4 ≤ x ≤ 4,2). Berdasarkan hasil tes siswa media pembelajaran permainan ular tangga berada dikategorikan efektif karena 93,33% siswa mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 83. Implikasi penelitian ini yaitu 1) media pembelajaran permainan ular tangga pada materi sistem saraf layak dipertimbangkan sebagai salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas, 2) guru diharapkan mengetahui pembuatan dan pengembangan media 3) bagi penelitian relevan selanjutnya agar lebih mengembangkan teknis penggunaan media pembelajaran permainan ular tangga sehingga penggunaannya semakin teratur.