Urgensi Pembinaan Tilawatil Qur’an di Pondok Pesantren Darul Ulum Kalangkangan Kabupaten Tolitoli terhadap Pengembangan Musabaqah Tilawatil Qur’an
Main Author: | Mahbire, Mahbire |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5527/1/Mahbire_opt.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5527/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan pembinaan tilawatil Qur’an yang dilakukan oleh pembina dan guru menggunakan beberapa metode pembinaan tilawatil Qur’an dan pembelajaran baca tulis al-Qur’an sehingga santri memiliki kompetensi baca tulis al-Qur’an yang lebih baik yang dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan Musabaqah Tilawatil Qur’an. 2) Keterlibatan pembina dan guru dalam pembinaan tilawatil Qur’an dalam bentuk perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi pembinaan dan pembelajaran, sedangkan keterlibatan orang tua dalam bentuk penyiapan fasilitas tempat kegiatan. 3) Kegiatan pembinaan tilawatil Qur’an berjalan dengan baik disebabkan adanya dukungan dari berbagai pihak, baik Pimpinan Pondok dan jajarannya, orang tua maupun santri itu sendiri sehingga kompetensi baca tulis al-Qur’an bagi santri sebagian besar mengalami peningkatan. Hambatannya terletak pada minimnya atau kurangnya pembina yang belum memadai dan keterbatasan sarana prasarana kegiatan. Implikasi dari kegiatan tersebut di harapkan:1) Bagi setiap pembina dan guru berupaya meningkatkan kemampuannya dalam bidang baca tulis al-Qur’an. 2) Metode pembinaan tilawatil Qur’an perlu di kembangkan diseluruh instasi pemerintah. 3) Program pembinaan tilawatil Qur’an atau pembelajaran baca tulis alQur’an hendaknya dijadikan sebagai program resmi di setiap jenjang pendidikan serta dalam penerimaan CPNS perlu diprioritaskan pada qari/qariah yang berprestasi