Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Parangloe Kabupaten Gowa

Main Author: Suaeba, Suaeba
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5500/1/Suaeba.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5500/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Parangloe Kabupaten Gowa terlaksana dengan baik walaupun belum maksimal. Dalam pelaksanaannya Guru menerapkan kontruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, penilaian nyata. 2) Pendekatan CTL dalam pelaksanaannya mengalami beberapa kendala yang dihadapi oleh guru. Pihak sekolah berupaya mengatasi kendala-kendala itu dengan memfasilitasinya. 3) Dampak pendekatan CTL sangat baik, dibuktikan dengan terjadinya peningkatan nilai hasil belajar peserta didik sampai 10% dan teraplikasi pada perubahan perilaku dan karakter siswa dalam memahami nilai-nilai yang terdapat dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Implikasi penelitian ini, diharapkan kepada guru PAI agar membekali dirinya dengan pengembangan potensi agar lebih kreatif dan inovatif dalam melaksanakan tugas yang diembannya.