Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Penemuan Terbimbing pada Pokok Bahasan Teorema Phytagoras Kelas VIII MTsN Model Makassar
Main Author: | Rahmadani, Yulia |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5375/1/SKRIPSI%20YULIA%20RAHMADANI.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5375/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil uji coba terbatas yang dilakukan, diperoleh bahwa (1) Hasil validasi bahan ajar adalah 3.50 pada kategori valid karena setiap aspek untuk setiap jenis perangkat berada pada interval 3 ≤ M, (2) Hasil pengamatan keterlaksanaan bahan ajar matematika berbasis model kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing adalah 1.89 menunjukkan bahwa komponen pengamatan keterlaksanaan berada pada kategori terlaksana seluruhnya (praktis) atau berada pada interval 1.5 ≤ X ≤ 2, (3) Dari keempat kriteria keefektifan yaitu, kemampuan guru mengelola pembelajaran, keterlaksanaan bahan ajar bagi siswa, respon siswa dan tes hasil belajar, dapat disimpulkan bahwa pada tahap uji coba terbatas dilaksanakan, perangkat bahan ajar matematika berbasis model kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.