Implementasi Model Pembelajaran STAD pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sinjai Kabupaten Sinjai

Main Author: Sudirman, Sudiorman
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5171/1/Sudirman_opt.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5171/
Daftar Isi:
  • Adapun hasil penelitian yang ditemukan dalam implementasi model pembelajaran STAD pada mata pelajaran PAIS, telah dilakukan semenjak dimulainya penerapan KBK 2004 berdasarkan karakteristik PAIS, tetapi akomodasi menyeluruh terhadap metode dan prinsip-prinsip pembelajaran STAD belum maksimal. Adapun hambatannya adalah: a) Kurangnya pemahaman guru tentang model pembelajaran STAD, b) Kurangnya prasarana sekolah, c) Alokasi waktu sangat terbatas, d) Kurangnya pemahaman peserta didik tentang model STAD. Sedangkan solusi guru PAIS untuk mengatasi hambatan tersebut, dengan: a) Banyak membaca literatur tentang STAD, seminar dan diklat, b) Memperbanyak konsultasi kepada DPPOR di dalam pengadaan literatur, c) Menggunakan metode penugasan serta menjadikan baca tulis Al-Qur;an (BTQ) sebagai salah satu materi pengembangan diri, d) Memberikan penjelasan tentang langkah-langkah pembelajaran STAD serta mendorong untuk memahami materi PAIS.