Pengembangan Peragkat Pembelajaran Berbasis Keterampilan Informasi Pokok Bahasan tumbuhan Paku(Pteridophyta) di SMA Negeri 10 Bulukumba
Main Author: | Susilawati, A. |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5133/1/A.%20Susilawati_opt.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5133/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini menghasilkan sebuah perangkat pembelajaran berbasis keterampilan informasi yang valid, praktis dan efektif yang dapat digunakan dalam pembelajaran biologi pokok bahasan tumbuhan paku (Pteridophyta). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai kevalidan perangkat pembelajaran adalah RPP 3,8 yang berarti sangat valid (3,5≤ V< 4), LKPD 4 yang berarti sangat valid (3,5≤ V< 4), dan instrumen penilaian 3,28 yang berarti valid (2,5 ≤ V< 3,5) sehingga diperoleh nilai rata-rata kevalidan perangkat 3,69 yang berarti sangat valid (3,5≤ V< 4). Tingkat keefektifan perangkat dapat diketahui dari data hasil belajar peserta didik yaitu kategori sedang (60≤ TPS <75) 3,45%, kategori tinggi (75 ≤ TPS < 90) 55,18% dan kategori sangat tinggi (90 ≤ TPS < 100) 41,37% dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 89,66% peserta didik tuntas dan 10,34% peserta didik tidak tuntas sehingga dinyatakan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Sedangkan untukkepraktisan diperoleh data jumlah persentasi untuk respon terhadap peserta didik terhadap LKPD 3,41%, respon peserta didik terhadap proses pembelajaran 3,50% dan penilaian guru terhadap keterlaksanaan perangkat pembelajaran di kelas 3,88%. Terhadap proses pembelajaran 1,38% merespon negatif dan 98,62 merespon positif, angket respon peserta didik terhadap LKPD 3,96% merespon negatif dan 96,04% merespon positif. Sedangkan data dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa pembelajaran terlaksana dengan sangat baik.