Peningkatan Profesionalisme Keguruan Melalui Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Bagi Mahasiswa Kependidikan Islam Angkatan 2007 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Main Author: | Nurlina, Nurlina |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5081/1/SKRIPSI%20NURLINA.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5081/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian menunjukan bahwa 1. Terdapat peningkatan profesionalisme keguruan yang diperoleh mahasiswa Kependidikan Islam angkatan 2007 Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin Makassar setelah melaksanakan praktik pengalaman lapangan meliputi kompetensi dasar guru dari analisis deskriptif persentase diperoleh dari kategori yang tertinggi sebesar 83,33 %, kategori sedang sebesar 41,66 %, dan kategori terendah sebesar 2,77 % 2. Terdapat faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam meningkatkan Profesionalisme Keguruan dalam pelaksanaan praktik pengalaman lapangan(PPL) Mahasiswa Kependidikan Islam, faktor pendukungnya yaitu, kesediaan pihak sekolah yang menerima dan memberikan kemudahan serta fasilitas kepada mahasiswa PPL dalam melaksanakan PPL, guru pamong yang selalu memberikan petunjuk membimbing dalam pembuatan perangkat pembelajaran kepada mahasiswa PPL, dan siswa menerimah pelajaran yang diberikan oleh mahasiswa PPL. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, Sikap siswa yang kurang menghargai guru PPL, mahasiswa PPL masih ada yang mengambil mata kuliah lain, dan kesiapan diri mahasiswa PPL yang tidak memadai. Keduanya perlu diantisipasi sedemikian rupa sehingga optimalisasi kualitas pelaksanaan PPL demi peningkatan profesionalisme keguruan bagi mahasiswa calon guru dapat terwujud.