Konsep Pendidikan Anak dalam Al-Qur’an Surah Luqman Ayat 13-19 (Telaah Pemikiran Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Misbah)
Main Author: | Sarina, Sarina |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5038/1/SARINA.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5038/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga konsep pendidikan anak dalam surah Luqman ayat 13-19 menurut Quraish Shihab yaitu: 1) Pendidikan Tauhid(keimanan), 2) Pendidikan Akhlak, dan 3) Pendidikan Ibadah. Adapun nilai-nilaipendidikan yang terkandung dalam surah Luqman/31: 13-19 yaitu: 1)Pendidikandengan kasih sayang 2)Pendidikan yang berkesinambungan 3)Berbakti kepadaorang tua dalam hal kebaikan, 4) Perintah mendirikan shalat, 5)Amar ma’ruf nahyimunkar,6) Senantiasa sabar dalam segala cobaan, 7) Larangan bersikap sombong, 8)Sederhana dalam berjalan dan merendahkan suara ketika berbicara. Dalam memberikan pendidikan kepada anak hendaknya mengikuti tuntutanajaran Islam seperti yang terdapat dalam surah Luqman ayat 13-19, yangberlandaskan dengan rasa kasih sayang dan lemah-lembut, agar anak mampumenyerap apa yang diberikan kepadanya.