Implementasi Pembelajaran Inkuiri Yurisprudensial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto

Main Author: Khalik, Abdul
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4868/1/Abdul%20Khalik.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4868/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Realitas pembelajaran inkuiri yurisprudensial belum berjalan secara sempurna, hal ini berdasarkan adanya realitas bahwa enam langkah pembelajaran model inkuiri yurisprudensial belum dilaksanakan secara menyeluruh serta sistematis dalam proses pembelajaran, dan dengan masih ditemukannya faktor-faktor penghambat. 2) Motivasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik SMA Negeri 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto tergolong masih rendah, hal yang demikian dapat dicermati dari adanya usaha belajar kebanyakan hanya terjadi pada saat hendak ada ulangan atau tes. Selain kurangnya dukungan, juga tidak adanya tuntutan dari lingkungan keluarga untuk berhasil dalam bidang agama karena pada umumnya orang tua peserta didik berprofesi petani. Begitu juga halnya pada sikap dan pergaulan peserta didik dalam lingkungan masyarakat yang tidak kondusif. (3) Peranan pembelajaran inkuiri yuris prudensial dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik SMA Negeri 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto, dapat melatih peserta didik untuk peka terhadap permasalahan sosial, dan psikologis mengambil posisi (sikap) terhadap permasalahan tersebut, serta mempertahankan sikap tersebut dengan argumentasi yang relevan dan valid.