Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa yang di Ajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tipe STAD pada Kelas VIII SMP Muhammadiyah Limbung Kabupaten Gowa
Main Author: | Amry, Amry |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4761/1/AMRY_opt.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4761/ |
Daftar Isi:
- Analisis data menggunakan uji-t dan diperoleh nilai t sebesar 2,39 pada taraf signifikan α 0,05 dan diperoleh t tabel sebesar 2,00, maka t hitung > t tabel, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan antara hasil belajar biologi siswa yang di ajar dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe STAD, dengan nilai rata-rata kelas VIII-C yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yaitu 65 dan nilai rata-rata kelas VIII-D yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu 59 maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar kelas yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik dibandingkan dengan kelas yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD.