Pengaruh Cara Belajar Kelompok Kecil Terbimbing pada Pokok Bahasan Virus terhadap Penguasaan Materi Siswa Kelas X SMA Negeri 14 Makassar
Main Author: | Safitri, Dian |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4712/1/Dian%20Safitri.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4712/ |
Daftar Isi:
- Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 14 Makassar yang berjumlah 230 orang sedangkan sampelnya adalah kelas X 3 dan X yang masing-masing berjumlah 36 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa dan pedoman angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial 4 Dari data yang diperoleh dapat diketahui bahwa cara belajar kelompok kecil terbimbing dapat meningkatkan penguasaan materi siswa pada pokok bahasan virus. Hasil analisis statistik inferensial (uji analisis kovarian) menunjukkan nilai sig.hit= 0,000 dari = 0,05 atau 0,000 < 0,05.