Perbedaan Efektifitas Metode Gallery Walk dan Ceramah Terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswi Tentang Pencegahan Keputihan

Main Author: Ramadani, Fitri
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4700/1/SKRIPSI%20FITRI%20RAMADANI.PDF
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4700/
Daftar Isi:
  • Hasil Pengolahan data dengan menggunakan Uji Wilcoxon Test pada kelompok Gallery Walk didapatkan nilai p value = 0.000 atau p< 0.05 yang berarti terdapat perbedaan bermakna tingkat pengetahuan pre-test dan post-test setelah diberikan pendidikan kesehatan dengan metode Gallery Walk. Sedangkan pada kelompok ceramah didapatkan nilai p = 0.002 atau p< 0.05 yang berarti terdapat perbedaan bermakna tingkat pengetahuan pre-test dan post-test setelah diberikan pendidikan kesehatan dengan metode ceramah. Sedangkan berdasarkan Uji Mann-Withney pada kelompok gallery walk dan ceramah setelah diberikan intervensi diperoleh nilaip= 0.000 sehigga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan efektifitas antara metode gallery walk dan metode ceramah terhadap peningkatan pengetahuan siswi tentang pencegahan keputihan. Jadi dapat disimpulkan penggunaan kedua metode ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran, namun dari hasil penelitian metode gallery walk lebih efektif digunakan. Metode ini dapat di gunakan sebagai teknik pembelajaran untuk menyampaikan pendidikan kesehatan khususnya pendidikan kesehatan reproduksi.