Efektifitas Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Kalor Siswa Kelas Vii Mts Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa
Main Author: | Asrinda, Tuti |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4645/1/Tuti%20Asrinda.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4645/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil penelitian dengan analisa deskriptif untuk instrumen dalam bentuk tes sebelum penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar fisika diperoleh skor rata-rata 33,7, sedangkan skor rata-rata setelah penerapan metode demonstrasi adalah 85,3. Kemudian untuk lembar observasi diperoleh perubahan sikap dan pemahaman dari siswa-siswi setelah penerapan metode demonstrasi , di mana siswa lebih aktif dan lebih memperhatikan pelajaran. Adapun analisa inferensial untuk instrumen dalam bentuk tes menunjukkan nilai t hitung 34,36, sedangkan t pada taraf signifikan 5% dan 1% berturut-turut 2,06dan 2,79. Dengan demikian, nilai t tabel hitung jauh lebih besar daripada t dan hipotesis nihil ditolak, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VII tabel MTs Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa.