Perbandingan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Antara Yang Diberi Tugas Kelompok dengan Tugas Individu di Kelas IX MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa

Main Author: Arianti S., Haeriyah
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4597/1/SKRIPSI%20HAERIYAH%20ARIANTI%20S..pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4597/
Daftar Isi:
  • Hasil analisis data deskriptif menunjukkan bahwa peserta didik kelas IX memiliki nilai rata-rata kemampuan awal 66,57 dan nilai rata-rata post-test 75,53. Sedangkan, kelas IXC memiliki nilai rata-rata kemampuan awal yaitu 72,97 dan nilai rata-rata post-test adalah 51,50. Adapun, hasil analisis data inferensial yaitu uji normalitas dan homogenitas dari kedua kelas yang digunakan sebagai sampel penelitian adalah normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesi digunakan uji t (independent sample t-test ) diperoleh t hitung = 6,194 > t tabel = 2,000 dengan nilai sig.(2-tailed) < α atau 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika peserta didik kelas IX MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa antara yang diberi tugas kelompok dengan tugas individu. Dengan merujuk dari hasil penelitian, diketahui bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang diberi tugas kelompok lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika peserta didik yang diberi tugas individu.