Simbolisasi dan Pemaknaan Iklan Susu Bear Brand Edisi 2015 di Televisi (Analisis Semiotika Roland Barthes)
Main Author: | Mufida, Mia |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4556/1/Mia%20Mufida.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4556/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tanda-tanda verbal dan nonverbal dalam iklan susu Bear Brand edisi 2015. Tanda verbal tampak pada narasi yang terdapat dalam iklan tersebut yang disampaikan oleh narator dan tanda nonverbal yang ditandai dengan munculnya naga putih dalam iklan tersebut yang dimaknai sebagai susu, awan hitam yang dimaknai sebagai penyakit atau sesuatu yang dapat mengganggu kesehatan tubuh, dan ombak dimaknai sebagai ketidak seimbangan tubuh.Makna pesan yang terkandung dalam iklan susu Bear Brand edisi 2015 yaitu dengan mengonsumsi susu Bear Brand mampu memberikan energi yang hilang, melindungi tubuh dari penyakit. Aktivitas seharian yang padat juga mampu mengembalikan kesegaran tubuh ketika mengonsumsi susu Bear Brand dengan kandungan yang terdapat pada susu tersebut dan mengembalikan keseimbangan tubuh. Hal ini karena susu telah melewati proses sterilisasi dengan cara memanaskan susu tersebut, tujuannya mencegah kerusakan susu dengan tetap menjaga kualitas nutrisi susu.