Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 18 Makassar
Main Author: | H. Nurdin, Hesti |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4477/1/Hesti%20H.%20Nurdin.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4477/ |
Daftar Isi:
- Hasil analisis statistik deskriptif rata-rata nilai keaktifan belajar agama islam sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebesar 8,68 yang berada pada kategori sedang dan didukung oleh hasil angket sebesar 104,4 yang berada pada kategori sedang. Rata-rata nilai keaktifan belajar agama islam setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebesar 9,96 yang berada pada kategori sedangdan didukung oleh hasil angket sebesar 118,92 yang berada pada kategori sedang. Hasil analisis inferensial berdasarkan hasil perhitungan data hasil observasi diperoleh thitung (-1,673) < ttabel (2,074) dan didukunghasil perhitungan data hasil angket diperoleh thitung (-1,874) < ttabel (2,074). Hal ini menunjukkan bahwa diterima dan ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan pada keaktifan belajar agama islam siswa kelas XIIPA 2 dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw karena pengaruh dari faktor eksternal seperti lingkungan sekolah, sarana dan prasarana belajar, media belajar dan sebagainya. Faktor eksternal seperti lingkungan sekolah, sarana dan prasarana serta media belajar.