Efektifitas Penerapan Teori Van Hiele Pada Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Geometri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar

Main Author: Khaerani, Khaerani
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4441/1/Khaerani.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4441/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMP Negeri 13 Makassar dengan rumusan masalah yang terdiri dari:Bagaimana hasil belajar matematika pada pokok bahasan geometri sebelum penerapan Teori Van Hiele siswa KelasVIII SMP Negeri 13 Makassar?,Bagaimana hasil belajar matematika pokok bahasan lingkaran setelah penerapan teori Van Hiele siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar?,Apakah hasil belajar matematika pokok bahasan geometri siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar dapat ditingkatkan melalui penerapan teori Van Hiele?.Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa sebelum diterapkan teori Van Hiele,untuk mengetahui hasil hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan teori Van Hiele, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan teori Van Hiele. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar tahun pelajaran 2009/2010.Sampel penelitian adalahkelasVIII SMP Negeri 13 Makassar yang berjumlah 25 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes uraian dan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan teknik statistik t (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan Teori Van Hiele dalam belajar matematika siswa kelas VIII 7 SMP Negeri 13 Makassar dikategorikan cukup baik. Secara umum hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar dengan menggunakan Teori Van Hiele dikategorikan sedang dengan persentase nilai rata-rata sebesar 52%, dan 7 hasil analisis uji hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh tt   71,102,13 jadi Tabel Hitung H ditolak, sehingga 0 1 Hitung 7 t 02,13 dan H diterima. Dengan demikian penerapan Teori Van Hiele pada pembelajaran matematika dikelas VIII SMP Negeri 13 Makassar efektif. 7