Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Perencanaan Pembelajaran Model Van Gelder pada Siswa Kelas VII 1 SMP Negeri 3 Sinjai Utara
Main Author: | Dalle, Nurfa Ambo |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4439/1/Nurfa%20Ambo%20Dalle.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4439/ |
Daftar Isi:
- Subjek penelitian adalah siswa kelasVII SMP Negeri 3 Sinjai Utara tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 32 orang.Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklusnya dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan termasuk tes setiap akhir siklus. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan tes uraian. Data yang diperoleh di analisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswakelasVII 1 1 SMP Negeri 3 Sinjai Utara dapat ditingkatkan melalui penerapan Model Van Gelder dengan persentase sebesar 96,87% dengan kategori tinggi dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 83,90 dan hasil analisis deskripsi hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan frekuensi kehadiran siswa dan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Dengan demikian penerapan Model Van Gelder dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sinjai Utara,Kabupaten Sinjai. 1