Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Penerapan Discrepancy Model (Model Kesenjangan) pada Kelas VIIIc SMPN 1 Baraka Kabupaten Enrekang
Main Author: | Rahmat, Rahmat |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4404/1/Rahmat.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4404/ |
Daftar Isi:
- Analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam penerapan Discrepancy Model yaitu terjadinya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan Discrepancy Model. Dalam hal penerapan Discrepancy Model terjadi peningkatan atau tidak pada hasil belajar siswa, dapat dilihat sebelum menggunakan Discrepancy Model persentase hasil belajar siswa sebelum diterapkannya dikategorikan sedang sesuai dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 62,26 dengan persentase 31,43% dan setelah penerapan Discrepancy Model hasil belajarnya meningkat menjadi 79,31 dengan persentase 37,14% dalam kategori tinggi. Dan hasil analisis uji hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh t = 4,8 dan tt f (4,8 >1,68) jadi H ditolak dan 01 Hitung H diterima. Dengan demikian penerapan Discrepancy Model pada pembelajaran matematika di Kelas VIIIc SMPN 1 Baraka Kabupaten Enrekang efektif.