Pengaruh Model Pembelajaran Hypnolearning terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungguminasa Kab.Gowa

Main Author: Nur Lestari, Sri Rezky
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4391/1/SKRIPSI%20SRI%20REZKI%20NUR%20LESTARI.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4391/
Daftar Isi:
  • Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran hypnolearning terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh adanya perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran hypnolearning dan hasil belajar siswa yang tidak diajar dengan menggunakan model pembelajaran hypnolearning di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungguminasa Kab. Gowa. Hal ini ditinjau berdasarkan perbandingan hasil belajar akhir kelompok eksperimen yaitu terdapat peningkatan pada skor rata-rata 9,63 ke skor rata-rata 10,67 sedangkan pada kelompok kontrol skor rata-rata yang diperoleh stabil yaitu 7,54. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran hypnolearning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi. Hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan analisis kovarian diperoleh nilai Sig.hitung(0,000) < α (0,05) yang menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas kontrol dengan kelas eksperimen.